Home » Sosial » WARGA KOTA PASURUAN DINYATAKAN NEGATIF SUSPECT FLU BURUNG

WARGA KOTA PASURUAN DINYATAKAN NEGATIF SUSPECT FLU BURUNG


Reporter : MOHAMAD  S0BARI

 

Kota,wartapasuruan (25/2) -

Ayam yang di duga terjangkit suspect Flu Burung di uji laboratorium

Lima warga Kota Pasuruan yang di indikasi terjangkit suspect flu burung asal Kelurahan Petamanan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan akhirnya dinyatakan negatif. Hasil tes ini, dikeluarkan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Jawa Timur di Surabaya.

Pernyataan itu di sampaikan oleh Bambang Pramono, sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dihadapan wartawan,  setelah mendapatkan hasil  uji laboratorium terhadap 5 warga Tamanan kec. Bugul Kidul. Yang diambil  Sampel  lendir tenggorokan dan hidung serta darah sebanyak 3 kali, hasilnya menunjukkan negatif. Dengan keluarnya hasil tes tersebut, diharapkan masyarakat tidak lagi panik.

“Kelima-limanya negatif. Ada satu yang dirujuk, mungkin secara sugesti dia itu ketakutan. Itu pun hasil akhirnya menunjukkan negatif. Dengan hasil tes ini, artinya sejauh ini penularan flu burung dari hewan ke manusia belum ada,” kata Bambang Pramono Jumat (24/2/2012) kepada sejumlah wartawan.

Pramono menjelaskan, ke-5 warga yang diperiksa sampel darahnya di duga terjangkit flu burung ini hanyalah mengalami rasa takut yang terlalu berlebihan. Sementara, ayam-ayam milik  warga yang ada di sekitarnya sebelumnya tidak dinyatakan positif flu burung berdasarkan hasil rapid test.

Sakit yang di derita oleh kelima warga Tamanan RT 03 itu hanya mengalami flu biasa. Bukan sesuatu yang dikategorikan berat. Sebab, kalau orang terkena virus flu burung itu, gejalanya biasanya mengalami badan panas, sesak nafas, batuk-batuk. Dan yang diserang virus ini adalah organ dalam seperti paru-paru,” ungkapnya. [sob/bec]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>